TIPS MEMILIH SOUVENIR PERNIKAHAN VIA TOKO ONLINE

  Souvenir pernikahan pada jaman sekarang merupakan kebutuhan yang termasuk penting bahkan cenderung wajib diadakan. Jika tidak memberikan souvenir pada acara pernikahan, tuan rumah akan dianggap ketinggalan jaman dan dianggap pelit. Selain itu, semakin meningkatnya kesadaran seseorang untuk menghargai tamu undangannya juga menjadi faktor semakin maraknya pengadaan souvenir pernikahan. Bahkan pada beberapa kalangan, pengadaan souvenir pernikahan dijadikan ajang prestise tersendiri.

Sebagian masyarakat memilih membeli kebutuhan souvenir pernikahannya di toko online. Mungkin karena mereka begitu sibuknya sehingga tidak punya waktu untuk survey toko souvenir offline. Atau karena mereka ingin mencari souvenir yang tidak pasaran dan jarang ada di lingkungannya.

Masalahnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan transaksi online. Anda tidak bisa mengetahui secara riil tentang spesifikasi produk souvenir pilihan Anda. Anda hanya melihat foto produk dan spesifikasi singkat. Anda tidak bisa mengetahui apakah souvenir tersebut kualitasnya bagus atau jelek, apakah benar-benar bisa digunakan atau tidak. Berbelanja online ibaratnya membeli kucing dalam karung karena Anda tidak bisa mengetahui dengan pasti produk yang ingin Anda beli. Untuk itu, saya akan memberikan tips menarik untuk Anda yang ingin membeli souvenir via toko online. Tips akan saya berikan dalam 2 bagian yaitu tips memilih souvenir pernikahan dan tips memilih toko souvenir online.

1) Tips memilih souvenir pernikahan:

1. Pilih souvenir yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Contoh tema pernikahan “Batik Bangeetss”, maka souvenir pernikahan Anda juga tidak jauh-jauh dari corak batik seperti tempat tisu satin batik, dompet batik, tempat hp batik, tempat pensil batik, dll.

2. Sesuaikan warna souvenir dengan warna item pernik-pernik pernikahan yang lain seperti warna undangan, busana pengantin, tratak/tenda pernikahan, taplak meja penyajian makanan, dekorasi ruangan, dll.

3. Pilih souvenir yang PASTI bisa digunakan, tidak hanya sekadar hiasan saja. Usahakan jangan sampai souvenir tersebut berakhir di tempat sampah karena souvenir tersebut tidak bisa digunakan.

4. Pilih souvenir yang Anda sendiri pun suka apabila diberi souvenir tersebut. Anggaplah diri Anda berada pada posisi tamu undangan, apakah souvenir tersebut Anda sukai dan apakah souvenir tersebut pasti bisa Anda gunakan.

5. Pilih kemasan souvenir yang cantik dan memudahkan tamu undangan dalam membawanya. Misalnya souvenir gelas yang lumayan berat apabila dibawa-bawa selama acara berlangsung. Berikan kemasan berupa mika bertali atau kemasan berupa tas seperti tas kain furing berjaring/tas organdi/tas satin

6. Sediakan souvenir dengan jumlah tambahan 10-20% dari jumlah undangan yang diberikan. Tidak jarang ada tamu undangan yang ingin diberikan 2 souvenir. Jangan sampai ada tamu undangan yang tidak kebagian souvenir pernikahan Anda karena pasti akan mengecewakan.

7. Pesankan pada pembuat souvenir Anda untuk menyablon souvenir pesanan Anda dengan nama Anda dan pasangan. Atau kalo tidak bisa disablon, alternatif lain adalah dengan menempelkan stiker transparan/stiker bening bertuliskan nama pengantin. Bagi Anda yang ingin memberikan kata2 atau ucapan khusus yang cukup panjang pada souvenir, pilihlah jenis souvenir yang memiliki bidang yang luas untuk memuat kata2/ucapan tersebut. Contoh: souvenir gelas, tempat tisu, kipas.

2) Tips memilih toko souvenir online

1. Survey toko souvenir online

Apabila Anda tidak memiliki rekomendasi toko souvenir online, Anda bisa mencarinya di search engine. Ketikkan kata kunci “souvenir pernikahan“ di search box pada search engine yang Anda gunakan. Maka akan muncul ratusan bahkan ribuan toko souvenir online.

2. Carilah toko souvenir online yang memiliki identitas yang sangat jelas, mulai dari pemilik toko, alamat toko dan menyediakan berbagai fasilitas komunikasi seperti email, no telepon/ hp, Yahoo massenger, skype, dll.

3. Lihatlah koleksi souvenir toko tersebut. Cari yang sesuai dengan anggaran, selera dan keinginan Anda.

4. Selalu tanyakan hal-hal yang Anda belum jelas, bisa tentang produk souvenirnya, cara pemesanan, proses pengiriman, biaya pengiriman, proses pembayaran, dll. JANGAN PERNAH menjatuhkan pilihan bertransaksi pada toko online yang tidak memberi jawaban yang memuaskan Anda atau memberi keterangan yang tidak jelas.

5. Pilihlah toko online (termasuk toko souvenir online) yang memberikan garansi produk. Garansi ini sangat penting mengingat transaksi online ibarat membeli kucing dalam karung, Anda tidak tahu pasti produk yang sudah Anda beli. Garansi ini memberikan jaminan apabila produk yang sudah dibeli tidak seperti yang telah dijanjikan.

Semoga bermanfaat

 

 

Written by fivsouvenir